Minggu, 15 Mei 2016

Akuntansi Tingkat Harga Umum (General Price-Level Accounting)


Akuntansi Tingkat Harga Umum
(General Price-Level Accounting)

13.1 Pernyataan Kembali Tingkat Harga Umum dari Laporan Keuangan Kos Historis (General Price Level Restatement)
Akuntansi kos historis mengasumsikan bahwa unit moneter itu stabil atau bahwa perubahan pada nilai unit moneter itu tidak material. Tetapi, tidak dapat disangkal bahwa daya beli umum dolar terus menurun. Daya beli umum, yang mengacu pada kemampuan unit moneter untuk membeli barang atau jasa, berhubungan secara terbalik dengan harga barang atau jasa yang dipertukarkan. Ketika harga barang atau jasa meningkat, yang disebut sebagai inflasi, maka juga akan menurun daya beli umum uang. Ketika harga barang atau jasa menurun, yang disebut sebagai deflasi,  maka juga akan meningkatkan daya beli umum uang, maka neraca berisi jenis aset  dan utang yang berbeda-beda, yaitu yang mengacu pada tanggal-tanggal yang berbeda dan yang diungkapkan karena perubahan daya beli dolar. Akuntansi tingkat harga umum mengkoreksi keadaan ini dengan menyatakan kembali secara lengkap laporan keuangan kos historis, dengan suatu cara yang mencerminkan perubahan pada daya beli dolar.
            Untuk memperkenalkan langkah-langkah yang dibutuhkan dalam penyiapan laporan tingkat harga umum, kami akan menggunakan suatu model sederhana yang berasal dari diskusi yang dikenalkan oleh Chambers. Asumsikan bahwa neraca suatu perusahaan dibagi menjadi item-item moneter dan nonmoneter. Pada tingkatan ini, item-item moneter didefinisi sebagai item-item yang jumlahnya ditetapkan , menurut angka dolar, dengan kontrak atau sebaliknya, tidak peduli dengan perubahan tingkat harga. Untuk periode IQ, persamaan neraca yang dinyatakan dalam dolar pada waktu 0 adalah:
M0 + N0 = R0
Keterangan :
M0 = item-item moneter neto
N0 = item-item nonmoneter neto
R0 = ekuitas residual
Asumsikan bahwa ada perubahan tingkat harga umum p. Secara definisi, p = (P1/P0) – 1, P0 merupakan indeks harga pada saat 0 dan P1 adalah indeks harga pada saat 1. Persamaan neraca pada t2 dinyatakan kembali untuk menyesuaikan perubahan pada tingkat harga umum, yaitu:
M0 (1+p) + N0 (1+p) = R0 (1+p)
Yang ekuivalen dengan
M0 + M0p + N0 + N0p = R0 + R0p
Oleh karena secara definisi, aset moneter neto diungkapkan dengan nilai dolar yang tetap maka M0p dapat dipindahkan ke sisi lain persamaan dan mengubah M0 dengan M1 :
M1 + (N0 + N0p) = (R0 + R0p) – M0p
Persamaan terakhir ini dapat diinterpretasikan sebagai:
1.      M1 menunjukkan aset moneter neto pada t1
2.      N0 + N0p menunjukkan pertanyaan kembali aset moneter pada t1 sesuai tingkat harga umum
3.      R0 + R0p menunjukkan pertanyaan kembali ekuitas residual pada t1 sesuai tingkat harga umum
4.      M0p menunjukkan gains atau losses item-item moneter. Secara definisi, M0 sama dengan aset moneter C0 dikurangi kewajiban moneter L0
Persamaan neraca pada t2 dinyatakan kembali dengan:
C1 + (N0 + N0p) – L1 = (R0 + R0p) – (C0p – L0p)
atau
C1 + (N0 + N0p) – L1 = (R0 + R0p) – C0p + L0p
Sehingga, L menunjukkan gain yang terjadi dari kewajiban yang terjadi selama periode tersebut dan C0p menunjukkan loss yang timbul dari aset moneter yang dimiliki dari t0 sampai t1.


·         13.2 Penyesuaian Item-item Spesifik Akibat Perubahan Tingkat Harga Umum (Adjusting specific items for General Price Level changes)

13.2.1 Perlakuan Item-Item Moneter
Moneter adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan uang atau keuangan. Jumlah moneter menurut jumlah secara kontrak, tanpa memperhatikan perubahan tingkat harga, baik secara umum maupun spesifik. Nilai item menurut daya beli  berubah. Akibat adanya perubahan tingkat harga umu, pemegang item-item moneter mempunyai gain atau loss daya beli.
Selama kenaikan harga-harga :
·         Lose daya beli dari aset moneter diakui sebagai loss tingkat harga umum
·         Gain daya beli dari kewajiban moneter diakui sebagai gain tingkat harga umum.
Selama penurunan harga-harga :
·         Gain daya beli dari aset moneter, diakui sebagai gain tingkat harga umum
·         Lose daya beli dari kewajiban moneter, diakui sebagai loss tingkat harga umum.
Gain atau loss tingkat harga umum dikalkulasikan dengan :
1.      Mengkalkulasi posisi aset moneter neto pada awal periode.
2.      Menyatakan kembali posisi aset moneter neto pada awal periode menurut daya beli dollar pada akhir periode.
3.      Menyatakan kembali seluruh penerimaan moneter pada tahun tersebut dengan dasar suatu akhir tertentu dan tambahkan hasil pernyataan kembali posisi moneter pada awal periode.
4.      Menyatakan kembali seluruh pembayaran moneter pada tahun tersebutdengan dasar suatu akhir tahun tertentu dan kurangkan dengan hasil total peningkatan pernyataan kembali neto item-item moneter.
5.      Kurangi aset moneter neto aktual pada akhir periode dari kalkulasi aset moneter pada akhir periode.

Perlakuan Gain atau Loss Tingkat Harga Umum
Pendekatan yang diusulkan untuk perlakuan akuntansi sifat gain dan loss pada tingkat harga umum, yakni :
1.      Accounting Research Study No. 6, APB Statement No.3, dan FASB dan the CICA Exposure Drafts mengenai posisi akuntansi tingkat harga umum.
2.      Hanya loss tingkat harga umum yang seharusnya masuk dalam income kini, sedangkan gain tingkat harga umum seharusnya diperlakukan sebagai modal.
3.      Baik gain atau loss tingkat harga umum seharusnya diperlakukan sebagai item modal.
4.      Baik gain atau loss tingkat harga umum seharusnya termasuk dalam income kini.
5.      Semua gains dan losses tingkat harga seharusnya termasuk dalam income kini.

APB Statement No. 3 menyatakan :
1.      Gain dan losses tingkat harga umum dari item-item moneter timbul dari perubahan tingkat harga umum dan tidak terkait dengan kejadian-kejadian selanjutnya.
2.      Seluruh gain moneter seharusnya tidak diakui pada periode terjadinya peningkatan tingkat harga.
Kesimpulan yang dicapai APB dipertahankan FASB Exposure Draft, yang menyatakan :
1.      Gain atau loss neto dari daya beli umum yang timbul dari kepemilikan aset dan kewajiban moneter seharusnya termasuk dalam penentuan income neto dalam unit-unit daya beli umum.
2.      Gain atau loss neto dari daya beli umumdari aset dan kewajiban moneter timbul akibat perubahan tingkat harga umu ketika aset dipegang atau utang dimiliki.

Posisi yang sama juga diambil oleh the Accounting Standards Steering Committee di Inggris, yang mempublikasikan Provosional Statement of Standard Accounting Practice No. 7 pada  bulan Mei 1974. Komite ini menyesuaikan posisi dengan :
1.      Gain dari pinjaman jangka panjang seharusnya tidak ditunjukkan sebagai profit dalam laporan tambahan karena gain tersebut tidak mungkin untuk didistribusikan tanpa ada tambahan peningkatan keuangan.
2.      Tidak konsisten bila gain diabaikan ketika profit telah didebit dengan cost pinjaman (yang mencerminkan antisipasi inflasi oleh pemberi pinjaman selama peredaran pinjaman), dan dengan depresiasi cost konversian dari aset tetap.



13.2.2 Perlakuan Item – Item Non Moneter dan Ekuitas Pemegang Saham
Dalam laporang keuangan. Tentunya terdapat item – item non moneter. Biaya item item ini selanjutnya akan dinyatakan kembali sesuai dengan daya beli umum kini. Cara yang digunakan adalah dengan mengalikan biaya item non moneter dengan Faktor konversi berikut ini :
Indeks Tahun Kini : Indeks Ketika Item Moneter Diperoleh
Tidak terlalu berbeda dengan cara di atas, Ekuitas pemegang saham kecuali laba di tahan  juga perlu dinyatakan kembali dengan mengalikan item ekuitas pemegang saham kecuali laba di tahan dengan faktor konversi berikut ini :
Indeks Tahun Kini : Indeks Ketika Modal Diinvestasikan
Sedangkan cara untuk menyatakan kembali laba ditahan dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1. Setelah semua item dalam laporan keuangan dinyatakan sesuai dengand daya beli umum kini, maka laba ditahan dapat dinyatakan sebagai residual dalam neraca setelah item – item tersebut dinyatakan kembali.
2. Pada periode berikutnya. Laba di tahan pada akhir periode dapat dinyatakan sebagai berikut :
a. Income netto dinyatakan dalam laporan keuangan dalam laporan tingkat harga umum
b. Penyesuaian dihasilkan dari gain or losses dari tingkat harga umum tersebut.
Perlu diketahui bahwa akuntansi tingkat harga umum dan akuntansi nilai kini tidak terlalu berbeda, hanya saja akuntansi tingkat harga umum hanya merupakan pernyataan kembali tanpa mengakui adanya gain or lose sedangankan akuntansi nilai kini mengakui adanya gain or lose atas peningkatan harga item non moneter.


·         13.3 Perbedaan Moneter dan Non Moneter (The monetary- NonMonetary   Distention)

Moneter
1. Telah dinyatakan dalam dollar pada akhir periode dan gain or lose daya beli sebagai hasil perubahan tingkat harga umum.
2. Mengakui Gain or Lose
3. Saham istimewa yang mengandung jumlah yang sama diklasifikasikan dalam item moneter karena klaim saham isteimewa terhadap aset perusahaan jumlahnya tetap. Dengan gain or Loses daya beli umum yang timbul akan dibebankan secara langsung terhadap ekuitas pemegang saham biasa dalam laporan keuangan menggunakan daya beli umum.
4. Jika mata uang asing dianggap sebagai item serupa dengan mata uang domestik, maka mata uang asing akan diklasifikasikan dalam item moneter.Alasan lain yang lebih logis adalah karena mata uang diungkapkan dengan tarif penutupan pertukaran dalam laporan keungan biaya historis.
5. Utang jangka panjang mata uang asing dinyatakan sebagai item moneter jika dinyatakan dalam tarif penutupan pertukaran.
6. Utang yang dapat dikonversi diperlakukan secara moneter ketika harga pasar saham di bawah harga konversi. Obligasi yang  dapat di konversi diklasifikasikan ke dalam item moneter karena kewajiban yang tetap untuk membayar sampai dengan obligasi tersebut dikonversi.

Non Moneter
1. Ditranslasikan menjadi nilai dollar dengan daya beli yang sama pada akhir periode berjalan.
2. Tidak terdapat Gain Or Lose
3. Defered Income Tax diklasifikasikan sebagai item non moneter karena pajak tersebut menghemat biaya yang dan ditanggunhkan pada periode mendatang sebagai pengurang biaya.
4. Mata uang asing diklasifikasikan sebagai item non moneter jika diungkapkan dengan tarif pertukaran historis dan laporan keuangan biaya historis.
5. Utang jangka panjang mata uang asing dinyatakan sebagai item non moneter jika dinyatakan pada tarif historis pertukaran.
6. Utang yang dapat dikonversi diperlakukan secara non  moneter ketika harga pasar saham sama atau lebih tinggi dari harga konversi.

·         13.4 Indeks-indeks Tingkat Harga (Price level indication)

Indeks tingkat harga membandingkan perubahan harga umum atau khusus pada satu periode dengan periode lain. Suatu indeks tingkat harga umum dapat didefinisikan sebagai suatu serial pengukuran hubungan antara rata-rata harga sekelompok barang dan jasa pada suatu rangkaian tanggal dengan rata-rata harga sekelompok barang dan jasa serupa pada suatu tanggal tertentu,yang dinyatakan dengan persentase. Komponen serial itu disebut angka-angka indeks harga (price-index number). Tetapi suatu index harga tidak mengukur pergerakan harga-harga komponen individual, beberapa komponen bergerak dengan arah tertentu, sedangkan beberapa lainnya bergerak dengan arah yang berlawanan. Maka, indeks harga umum didasarkan pada sejumlah besar barang dan jasa, sedangkan indeks tingkat harga khusus mengacu pada barang atau industri tertentu.

13.4.1 Rumus Indeks
p          = harga komoditas atau jasa
q          = kuantitas komoditas atau jasa
p0q0      = harga dan kuantitas komoditas pada periode dasar
pnqn      = harga dan kuantitas komoditas pada periode berjalan
paqa      = harga dan kuantitas komoditas pada beberapa rata-rata periode

Rumus Laspeyres :
Rumus Paasche :
Rumus terbobot tetap (fixed-weighted formula) :
Rumus Fisher :

13.4.2 Pemilihan Indeks Tingkat Harga Umum
Akuntansi tingkat harga umum menggunakan suatu faktor konversi yang didasarkan pada perubahan indeks tingkat harga umum untuk mengubah dolar pada suatu tanggal menjadi jumlah dolar yang mempunyai daya beli sama pada tanggal yang lain. Hendriksen menunjukkan konsep yang berbeda mengenai daya beli yang disebut daya beli umum dolar, daya beli pemegang saham, daya beli investasi bagi perusahaan dan daya beli penggantian (replacement) khusus. Sebagai contoh, APB Statement No. 3 menyatakan :
Tujuan prosedur pernyataan kembali tingkat harga umum adalah untuk menyatakan kembali laporan keuangan dolar, dan tujuan ini hanya dapat dicapai dengan penggunaan indeks tingkat harga umum.
Di Amerika Serikat, Departemen Perdagangan dan Departemen Tenaga Kerja secara teratur memelihara dan mempublikasi indeks-indeks harga umum. Indeks yang penting adalah :
  1. Indeks Harga Konsumen, yang diterbitkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja dari Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat.
  2. Indeks Harga Pedagang Pesar (wholesale), yang diterbitkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja dari Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat.
  3. Indeks Kos-Konstruksi Gabungan (composite construction-cost), yang diterbitkan oleh Adminidtrasi Bisnis dan Jasa Pertahanan pada Divisi Industri Konstruksi dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat.
  4. Deflator Harga Implisit PNB (Produk Nasional Bruto) (GNP Implicit Price Deflator), yang diterbitkan oleh Kantor Ekonomi Bisnis dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat.

Dua indeks yang paling sering digunakan pada akuntansi tingkat harga umum adalah indeks harga konsumen (IHK) dan Deflator harga implisit PNB (DHI). IHK merupakan indeks terbobot dasar yang dirancang untuk mengukur perubahan harga barang dan jasa retail, yang diperoleh oleh keluarga berpenghasilan menengah pada ukuran hidup tertentu di pusat kota. DHI merupakan indeks terbobot kini, yang dirancang untuk mengukur perubahan harga seluruh barang dan jasa yang dihasilkan pada suatu tahun tertentu. IHK terbobot dasar mempunyai kelemahan pada penjelasan penggantian barang-barang yang harganya relatif rendah ketika harga-harga relatif berubah. Sedangkan DHI mempunyai kelemahan bias rendah, terlalu rendah dalam menyatakan peningkatan harga pada biaya hidup.
Tetapi, the FASB Exposure Draft Constant Dollar Accounting merancang indeks harga konsumen bagi seluruh konsumen perkotaan (IHK-P), bukan Deflator Implisit Harga PNB sebagi suatu indeks daya beli umum, dengan dua alasan. Pertama, IHK-P mempunyai dua kelebihan praktis, yaitu IHK-P dihitung lebih sering (bulanan sampai triwulan), dan setelah publikasi awal, tidak direvisi. Kedua, tarif perubahan pada IHK-P dan DHI cenderung serupa dan sehingga penggunaan IHK-P cenderung untuk memberi hasil yang dapat diperbandingkan.

·         13.5 Gambaran Sederhana dari Pengindeksan Tingkat Harga Umum (Illustrasi General Price Level indexing )
Contoh berikut ini menggambarkan bagaimana laporan keuangan kos historis tingkat harga umum dapat dibuat dari laporan keuangan kos historis
Perusahaan Picur memulai operasi bisnisnya pada tanggal 31 Desember 19X5 ketika tingkat harga sebesar 100 (periode dasar). Neraca komparatif pada tahun 19X5 dan 19X6 ditunjukkan pada Tabel
                                                                                                                                                           
                                                            31 Desember 19X5                             31 Desember 19X6                                                                     Debit                     Kredit                Debit                       Kredit
    Aset-aset moneter                     30.000                                              60.000
Persediaan                                     30.000                   (3.000 unit)        20.000               (2.000 unit)
Tanah                                            40.000                                              40.000
Gedung dan Peralatan                   50.000                                              50.000
Depresiasi akumulasian                                                                                                     10.000
Utang (1%)                                                                   50.000                                           50.000    
Modal saham                                                              100.000                                          100.000
Laba ditahan                                                                                                                                      
Total                                              150.000                 150.000             170.000                170.000


Prosedur yang dilakukan untuk menyatakan kembali laporan keuangan kos historis adalah:
1.      Nyatakan kembali neraca tahun 19X5 dengan tingkat harga 19X6
2.      Nyatakan kembali neraca tahun 19X6 dengan tingkat harga tahun berjalan 19X6
3.      Nyatakan kembali laporan laba rugi tahun 19X6 dengan tingkat harga tahun 19X6
4.      Hitunglah gains atau losses moneter akibat perubahan tingkat harga umum
5.      Siapkan rekonsiliasi laba


·         13.6 Evaluasi Akuntansi Tingkat Harga Umum (Evaluation of General Price Level Audit )

13.6.1 Alasan yang Mendukung Akuntansi Tingkat Harga Umum
Alasan yang digunakan untuk mendukung akuntansi tingkat harga umum adalah sebagai berikut :
  1. Laporan keuangan yang tidak disesuaikan dengan perubahan tingkat harga umum, akan terdiri dari berbagai jenis aset dan klaim, yang disajikan dalam nilai dolar dengan daya beli yang berbeda.
Akuntansi tingkat harga umum dibuat untuk menyajikan tingkat perubahan harga aset-aset ini dan perubahan daya beli klaim. Laporan tingkat harga umum mendukung dilakukannya perbandingan antar-perusahaan, karena menggunakan suatu unit ukur yang umum.

  1. Akuntansi biaya historis kenvensional tidak mengukur pendapatan secara memadai akibat penandingan nilai dolar dari “ukuran” yang berbeda pada laporan laba rugi, sehingga biaya-biaya yang terjadi pada periode sebelumnya tertutupi oleh pendapatan, yang biasanya disajikan dalam nilai dolar kini.
Akuntansi tingkat harga umum memberikan penandingan pendapatan dengan biaya yang lebih baik, karena menggunakan nilai dolar yang umum. Sehingga memungkinkan nilai pendapatan yang lebih realistis.

  1. Akuntansi tingkat harga umum relatif mudah untuk diterapkan.
Dalam akuntansi tingkat harga umum juga paling sedikit ditemui penyimpangan dari prinsip-prinsip akuntansi berterima umum, sehingga lebih objektif dan dapat dibedakan.

  1. Akuntansi tingkat harga umum memberikan informasi yang sesuai untuk digunakan bagi manajemen dan untuk evaluasi.
Keuntungan dan kerugian tingkat harga manajemen yang timbul dari item moneter mencerminkan tanggapan manajemen akibat adanya inflasi. Item nonmoneter yang dinyatakan kembali memperkirakan daya beli yang dibutuhkan untuk menggantikan aset tersebut. Terakhir, akuntansi tingkat harga umum menunjukkan dampak inflasi umum pada profit  dan memberikan tingkat pengembalian investasi yang lebih realistis.

13.6.1 Alasan yang Menolak Akuntansi Tingkat Harga Umum
  1. Sebagian besar studi-studi empiris menunjukkan bahwa kaitan informasi tingkat harga umum itu lemah atau tak berterima umum.
Hasil penelitian berikutnya akan sama, sebelum kesimpulan yang tepat dapat dibuat, yang terkait dengan relevansi informasi tingkat harga umum dan kemampuannya untuk menginterpretasikan secara baik.
  1. Perubahan tingkat harga umum hanya menjelaskan perubahan pada tingkat harga umum dan tidak menjelaskan perubahan pada tingkat harga spesifik.
Maka keuntungan dan kerugian dari asset non moneter tidak diakui. Selain itu, para pengguna data tingkat harga umum sesuaian yakin bahwa nilai yang dinyatakan kembali berhubungan dengan nilai-nilai kini.
  1. Dampak inflasi akan berbeda bagi setiap perusahaan.
Perusahaan padat modal akan lebih terpengaruh terhadap adanya inflasi dibandingkan perusahaan yang menggunakan asset jangka pendek.
  1. Kos untuk menerapkan akuntansi tingkat harga umum melebihi keuntungannya, dengan alasan (Miller) :
a.       Perusahaan kehilangan kemampuan untuk menggunakan LIFO untuk tujuan pajak
b.      Daya beli umum menimbulkan penelitian pajak properti yang lebih tinggi
c.       Perusahaan harus memutar ke depan ke tahun sebelumnya ketika membuat laporan komparatif
d.      Perusahaan harus menyediakan informasi ke kos penggantian (replacement cost) bagi Securities and Exchange Commission (SEC)
e.       Investor tidak berusaha memahami laporan yang dibaca
f.          Ada cara-cara yang lebih baik untuk mengungkapkan dampak inflasi bagi perusahaan tertentu, bagi asetnya, bagi operasinya dan bagi masa mendatang

Akhirnya, masalah-masalah teknis menghadang akuntansi tingkat harga umum.
Masalah pertama terkait dengan pemilihan indeks tingkat harga umum yang memadai. Kedua, bahwa akuntansi tingkat harga umum membutuhkan asset dan kewajiban yang diidentifikasi dan diklasifikasikan sebagai item moneer dan non moneter. Ketiga, bahwa akuntansi tingkat harga umum menerapkan prinsip akuntansi yang berlakun dalam akuntansi konvensional, hanya unit pengukurannya yang diubah. Akibatnya, pernyataan kembali kos asset-aset nonmoneter seharusnya melebihi nilai kini.

13.7 Konklusi
Akuntansi nilai kini, yang asset dan kewajibannya dilaporkan pada laporan keuangan nilai kini, maka akuntansi kini sesuai dengan konsep pemeliharaan kapasitas produktif fisik. Selain itu, karena akuntansi tingkat harga umum berdasar pada pernyataan kembali asset dan kewajiban historis pada tingkat harga umum, maka akuntansi ini sesuai dengan konsep pemeliharaan uang daya beli umum.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar